Tags

,

Yuri / Shoujo-Ai

Anime bergenre ini adalah anime yang mengisahkan tentang hubungan dua orang perempuan ataupun persahabatan antara perempuan. Biasanya mengisahkan jalinan percintaan sejenis antar perempuan. Shoujo-ai sendiri berarti girl-love dan yuri berarti ‘lily’. Bunga lily entah mengapa selalu dikaitkan dengan girl-love relationship.

Banyak sekali contoh anime bengenre ini, tetapi menurut saya, inilah beberapa anime shoujo-ai yang menarik untuk ditonton.  Semua anime yang saya bahas disini, saya tidak mempunyai hak cipta akan anime tersebut.

Kannazuki no Miko

Kannazuki no Miko

 

 

 

Anime ini menceritakan tentang dua orang priestess yang bertugas menjaga kesinambungan dunia ini dan menghindari dunia ini dari serangan kehancuran. Tokoh utamanya adalah Himeko Kurusugawa dan Chikane Himemiya. Mereka berdua dilahirkan di tanggal yang sama. Himeko adalah murid yang biasa-biasa saja bila dibandingkan dengan Chikane yang dikagumi oleh seluruh sekolah. Tanpa sepengetahuan siapapun, mereka berdua ternyata menjalin pertemanan dan selalu meluangkan waktu untuk makan siang bersama di taman rahasia mereka. Dan tanpa mereka ketahui juga, ternyata mereka berdua adalah reinkarnasi dari priestess yang bertugas menjaga perdamaian dunia ini dari serangan Orochi. Himeko sebagai reinkarnasi dari Solar Priestess dan Chikane sebagai reinkarnasi dari Lunar Priestess.

Chikane sangat amat perhatian terhadap Himeko. Chikane rela berbuat apapun juga untuk membuat Himeko bahagia. Tanpa Himeko sadari, Himeko sering menyakiti hati Chikane, namun Chikane tetap baik dan sayang pada Himeko. Sampai akhirnya serangan Orochi datang dan membuat Chikane bersikap aneh pada Himeko. Puncak keanehan terjadi ketika Souma mulai mencampuri kehidupan Himeko. Souma sendiri adalah siswa yang terkenal dan sering dibilang pasangan yang sempurna untuk Chikane. Jadi baik Souma maupun Chikane sama-sama menaruh hati pada Himeko. Dan pada akhirnya Himeko pun menyadari siapa yang lebih disayanginya.

Tidak hanya dari segi cerita, lagu pembuka dan penutup anime ini juga bagus menurut saya. Keduanya dilantunkan oleh Kotoko. Saya pribadi menyukai lagu penutupnya yang berjudul Agony. Anime ini terdiri dari 12 episode.

Anda bisa mengunduh anime dari indowebster ataupun dari youtube.

 

 

Maria-sama ga Miteru / Marimite

Maria-sama Ga Miteru

Anime ini bercerita tentang Yumi Fukuzawa, seorang murid SMA kelas 1 yang biasa-biasa saja yang lalu bertemu dengan salah seorang anggota Yamayurikai. Berlatar belakang sekolah Katolik khusus wanita, Lilian Gakuen adalah sekolah untuk para maiden. Murid-murid yang belajar disini ditanamkan pendidikan etika dan tingkah laku yang cukup ketat agar menjadi seorang lady. Di sekolah ini juga terdapat sistem sœur (sœur dalam bahasa Prancis berarti “saudara perempuan”).

Berpusat kepada kehidupan Yumi Fukuzawa dan hubungannya dengan Onee-sama nya, Sachiko Ogasawara dan juga teman-temannya sesama anggota Yamayurikai. Yamayurikai adalah perkumpulan murid yang mengatur event-event di sekolah tersebut (semacam OSIS) yang beranggotakan 3 Rose, Rosa Chinensis, Rosa Foetida, dan Rosa Gigantea.

Anime ini sudah mencapai season 4 dan masih berlanjut. Anime ini diadaptasi dari novel karangan Oyuki Konno. Terdapat banyak karakter, tetapi pemunculan karakter tidak berbarengan sehingga anime dapat diikuti dengan baik tanpa harus susah payah mengingat nama-nama karakter.

Season 1 dan 2 masing-masing terdiri dari 13 episode, season 3 terdiri dari 5 OVA, season 4 terdiri dari 13 episode. Lagu pendukung anime ini dalam season 1 lebih banyak instrument dari Pastel Pure. Saya akui, semua lagunya di dalam anime sungguh enak didengar, membuat hati serasa sejuk.

Anime ini lalu diadaptasi menjadi komik. Komiknya sendiri sampai saya menulis ini baru mencapai volume 5, bila dibandingkan dengan animenya, kira-kira setara anime season 2. Cerita di dalam komik dibuat lebih detail daripada di anime.

Untuk mengunduh anime, dapat anda cari di indowebster ataupun youtube.

 

Sedangkan untuk komik atau manga, dapat ada unduh dari

http://www.lililicious.net/projectDet.php?id=10

Strawberry Panic!

Strawberry_Panic

 

 

 

Mengisahkan tentang Aoi Nagisa, murid pindahan yang kehidupannya berubah drastis karena bertemu dengan Etoile di sekolah barunya. Banyak pihak menilai bahwa Strawberry Panic adalah Marimite wanna be. Memang agak mirip, tetapi SP lebih kental dengan nuansa yuri dan sama sekali tidak ada tokoh pria di dalam anime ini.

Aoi Nagisa adalah murid yang cenderung ceroboh dan mempunyai sifat easy going. Pertama kali datang ke sekolah barunya, dia sudah bertemu dengan bintang sekolah tersebut, Hanazono Shizuma,  dan langsung tertarik satu sama lain. Strawberry Panic! Bercerita di bukit Astrea atau Strawberry Dorm, terdiri dari 3 sekolah yang berbeda-beda, yakni Miator, Spica, dan Lu lim. Masing-masing sekolah mempunyai seragam sendiri tetapi hanya satu siswi, Etoile, yang mengatur 3 sekolah tersebut. Setiap tahunnya diadakan pertandingan untuk mendapatkan gelar tersebut.

Terdapat 2 kisah dalam SP ini, yang utama berkisar sekitar Aoi Nagisa dan hubungannya dengan Shizuma Hanazono, cerita kedua sekitar Hikari Konohana dan sahabatnya Yaya Nanto serta kakak kelasnya, Amane Otori. Hikari sendiri adalah gadis yang sangat pemalu untuk mengungkapkan perasaannya kepada orang lain.

SP terdiri dari 26 episode. Perkembangan cerita dari episode satu ke selanjutnya sungguh apik. Bagaimana perasaan Nagisa ditunjukan, respon Shizuma dan perubahan sikap keduanya. Pergolakan emosi antara keduanya. Rasanya sungguh tidak disangka-sangka. Begitupun dengan pergolakan batin Yaya yang mencintai sahabatnya sendiri, dimana Hikari benar-benar hanya menganggap Yaya sebagai sahabatnya dan tidak lebih.

Blue Drop

 

 

Blue Drop

Anime ini intinya sih tentang 2 orang perempuan yang tadinya saling ga suka satu sama lain, lalu seiring waktu dan kejadian-kejadian yang terjadi, menjadi dekat satu sama lain dan muncul rasa saling memiliki. Terkisah Wakatake Mari, yatim piatu, korban kejadian yang mengerikan di pulaunya, dan satu-satunya orang yang selamat dari peristiwa tersebut. Dia belum pernah sekolah (hanya menerima pendidikan di rumah saja), sampai akhirnya neneknya memutuskan untuk memasukkan dia ke Kaihou Academy (sekolahan khusus wanita tentunya). Mari merasa dibuang oleh neneknya, dia tidak menyukai sekolahnya.

Walaupun begitu, Mari tidak dapat berbuat apa-apa selain mengikuti keputusan neneknya. Hari pertama dia dipindahkan, dia diserang oleh teman sekamar di asramanya. Mari diserang oleh Senkouji Hagino, murid paling popular di sekolah itu yang ternyata menyimpan rahasia yang tidak diketahui siapapun kecuali Mari (akhirnya).

Senkouji ternyata adalah alien, disebut Arume di planet tempat dia berasal. Kejadian demi kejadian terus terjadi dan akhirnya Mari mengetahui fakta yang mengejutkan tentang Hagino (selain fakta bahwa Hagino adalah alien).

Terdiri dari 13 episode. Untuk anda yang tidak menyukai anime bertipe depressing/bleak, sebaiknya jangan menonton anime ini. ^^

 

 

Kashimashi ~Girl meets Girl~

Kashimashi

 

 

Anime ini bercerita tentang pemuda berwajah feminim yang lalu berubah gender karena kesalahan alien. Osaragi Hazumu, adalah nama pemuda yang berubah menjadi wanita. Setelah pernyataan cintanya ditolak oleh Kamiizumi Yasuna, Hazumu pergi ke bukit Kashima yang biasa dikunjunginya bersama Yasuna dulu. Hazumu yang sedang patah hati berjalan mengitari bukit sampai malam hari. Dia membuat semua orang mencarinya, baik keluarganya, sahabat-sahabatnya, bahkan gurunya juga.

Pesawat alien yang tidak terkendali sedang jatuh menuju bumi. Sahabat Hazumu, Tomari, mencari Hazumu sampai ke bukit. Sementara itu Yasuna juga ternyata sedang berada di bukit tersebut untuk mengembalikan tanaman yang pernah diambilnya bersama Hazumu. Hazumu yang sedang kosong pikirannya tidak sadar ada pesawat alien yang jatuh menuju ke arahnya. Hazumu tertabrak dan ketika sadar, dirinya sudah bertransformasi menjadi seorang wanita. Saat itu, Yasuna dan Tomari menyaksikan Hazumu yang sudah menjadi wanita.

Cerita berkisah seputar kehidupan Hazumu dan cara mengembalikan Hazumu seperti semula. Terdiri dari 12 episode dan 1 OVA, anime ini sepertinya bergenre pseudo-yuri, karena Hazumu bagaimanapun aslinya adalah laki-laki, hanya saja dalam tubuh wanita.

 

 

Kiddy Grade

 

 

 

KiddyGrade

Kiddy Grade, anime yang termasuk fiksi sains. Unsur yuri di anime ini sebenarnya sedikit bila dibandingkan anime-anime di atas. Terdiri dari 24 episode pada season 1. Berkisah tentang bumi di masa depan dimana ras manusia sudah dapat menempati berbagai planet berkat kemajuan teknologi.

Tersebutlah Eclair dan Lumiere, anggota GOTT (semacam organisasi yang mengatur dunia ini) yang juga merupakan ES (agen rahasia di dalam GOTT yang hanya terdiri dari 12 wanita). Eclair dan Lumiere merupakan anggota ES yang paling rendah tingkatannya dibandingkan dengan 5 pasang anggota ES yang lain.

Cerita berinti pada sepak terjang Éclair dan Lumiere dalam menjalankan tugasnya sebagai ES dan bagaimana keburukan GOTT mulai terungkap secara perlahan oleh mereka berdua.

Season 2 anime ini rencananya akan tayang pada musim gugur tahun 2009 ini, setelah ditunda 3 tahun pembuatannya. Dalam season 2 terdapat 2 tokokh protagonist baru yaitu Asukuru dan Ku Fiyu. Perkembangan lebih lanjut tentang season 2 anime ini belum terlalu beredar.

 

Saki

Saki

Saki adalah anime yang bercerita tentang olahraga mahjong. Terdiri dari 25 episode (dimana episode ke 25 baru saja tayang 28 September 2009!), berpusat tentang Miyanaga Saki, murid SMA Kiyosumi yang tadinya sangat enggan bermain mahjong karena permainan tersebut mengingatkan kenangan buruk akan keluarganya. Tetapi pertemuannya dengan Haramura Nodoka, juara mahjong tingkat SMP, membuat Saki menemukan kembali kesenangan dalam bermain mahjong.

Saki sendiri ternyata adalah pemain mahjong yang hebat. Kiyosumi High School pun mengikuti turnamen mahjong nasional dan menemui lawan-lawan yang tangguh. Saki sendiri berjanji dengan Nodoka agar mengerahkan segala kemampuan supaya memenangkan turnamen nasional ini. Saki sendiri mempunyai motivasi lain dalam memenangkan kompetisi ini, yaitu berharap dapat menemukan keluarganya yang telah lama berpisah.

Anime ini cukup berat diikuti bagi orang awam, maksudnya, terdapat banyak sekali istilah mahjong, yang tentunya apalagi kita tidak familiar maka akan bingung di saat-saat yang menegangkan. Contoh saja, ketika Saki yang tadinya kalah dalam bermain mahjong, lalu bisa tiba-tiba menang (karena dia memang hebat), tetapi kita tidak mengerti bagaimana dia bisa menang, apa kartu yang dipegangnya, apa combo yang dikeluarkannya, dsb. Memang terdapat subtitle yang menjelaskan istilah-istilah mahjong tersebut, tetapi itu justru hanya akan memenuhi layar dengan teks, dan berlalu dengan cepat karena dari satu istilah ke istilah lain jeda waktunya sangat pendek.

Tapi bagi anda yang menyukai mahjong (atau belajar menyukai mahjong), anime ini sangat cocok untuk anda, ditambah lagi bagi pecinta yuri, karena ada bumbu-bumbu yuri antara Saki dan Nodoka ^^.

Dan masih banyak lagi anime-anime shoujo-ai lain yang saya yakin tidak kalah bagus dengan ke7 anime di atas.