Tags

Apa itu e-Banking? Itu adalah kepanjangan dari electronic banking atau berarti mudahnya adalah kita bisa melakukan transaksi bank secara elektronik melalui internet. Disini saya akan membahas tentang fasilitas e-banking salah satu bank terkemuka di Indonesia, yaitu e-banking Mandiri.

Melalui fasilitas e-banking, anda tidak perlu lagi repot-repot ke bank ataupun ke ATM apabila anda ingin melakukan transfer rekening, pembayaran telepon, listrik, isi ulang telepon, dan lain sebagainya.

Halaman awal dari situs e-banking bank Mandiri adalah sebagai berikut:

home

Terdapat 7 tab yang berhubungan dengan transaksi di dalam bank Mandiri yang sekiranya sering digunakan. Selain itu di pojok kiri bawah ada usefull tools yang berisi search engine, alat pelihat suku bunga dan tarif, kalkulator financial, serta info lokasi ATM dan cabang Mandiri terdekat. Selain tools, ada juga links. Ada Mandiri Highlights, berisi berita terhangat seputar bank Mandiri, lalu ada juga e-banking info.

 

Di sebelah kanan, ada login, aktivasi user, dan demo. Untuk login, berarti user sudah melakukan aktivasi sebelumnya. Aktivasi user untuk e-banking dilakukan melalui ATM atau bank cabang terdekat. Bagi yang belum mengerti tentang penggunaan, terdapat link untuk mengunduh demo.

demo&petunjuk

Pada tab pertama, Layanan 24 Jam, terdapat 9 submenu. Biasanya ini adalah layanan yang dibutuhkan oleh pengguna, baik yang sudah lama maupun awam.

layanan24jam

Pada tab kedua, Consumer Banking, terdapat 11 submenu.

consumerbanking

Dan banyak lagi tab-tab selanjutnya yang berisi berbagai macam submenu.

 

Efektifkah adanya e-banking ini? Menurut saya pribadi, semua ini tergantung dari kebutuhan masing-masing user. Bagi user dengan mobilitas tinggi, adanya fasilitas e-banking ini sangat memudahkan user karena dapat melakukan transaksi perbankan dimana saja dan kapan saja melalui jaringan internet. Tetapi bagi sebagian user yang masih setia menggunakan cara konvensional (melalui bank atau ATM), adanya fasilitas e-banking mungkin belum terlalu menguntungkan.

 

http://www.bankmandiri.co.id/