Tags

,

Pemanfaatan Teknologi Informasi, media, dan komunikasi telah mengubah baik perilaku masyarakat maupun peradaban manusia secara global. Teknologi Informasi saat ini menjadi pedang bermata dua karena selain memberikan kontribusi bagi peningkatan kesejahteraan, kemajuan, dan peradaban manusia, sekaligus menjadi sarana efektif perbuatan melawan hukum.

Saat ini telah lahir suatu rezim hukum baru yang dikenal dengan hukum siber atau hukum telematika. Hukum siber atau cyber law, secara internasional digunakan untuk istilah hukum yang terkait dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Demikian pula, hukum telematika yang merupakan perwujudan dari konvergensi hukum telekomunikasi, hukum media, dan hukum informatika. Istilah lain yang juga digunakan adalah hukum teknologi informasi (law of information technology), hukum dunia maya (virtual world law), dan hukum mayantara.

Opini saya jika saya menjadi Menkominfo adalah..

1. Dalam keamanan data, harus lebih memperhatikan aspek Integrity dan Authentication berdasarkan pasal 14 UU ITE (UU RI No 11 tahun 2008) mengenai Penyelenggaraan Sertifikasi Elektronik, metode-metode autentikasi sebaiknya  jangan terlalu mudah dijelaskan kepada segala pihak, tapi cukup kepada pihak yang berkepentingan saja demi mencegah terjadinya gangguan Modification dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

2. Berdasarkan pasal 27-37 UU ITE, sangat nyata bahwa diperlukan banyak cyber cops untuk mencegah terjadinya cyber crime atau kejahatan siber. Sulitnya menangkap pelaku kejahatan siber di Indonesia dikarenakan sedikitnya polisi siber yang benar-benar mengerti dunia maya.

3. Belum meratanya jalur komunikasi telepon di daerah-daerah pelosok Indonesia, berdasarkan atas Indikator Teknologi Informasi dan Komunikasi oleh P3TIE (Pusat Pengkajian dan Penerapan Teknologi Informasi dan Elektronika) Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi.

4. Mahalnya pasar internet di Indonesia. Para ISP saling bersaing untuk memberikan yang terbaik tetapi tetap saja biaya internet di Indonesia masih lebih mahal dibandingkan dengan Negara lain.

Itu hanya opini loh.. no offense please..

Kebijakan saya jika menjadi Menkominfo:

1. Memperketat metode Authentification.

2. Mengadakan pendidikan bagi para cyber cops untuk mencegah cyber crime.

3. Menilik pentingnya jalur komunikasi via telepon, saya akan mencoba menyeimbangkan Teledensiti yaitu perbandingan antara ketersediaan pelayanan telepon (jumlah saluran telepon yang tersedia) dengan jumlah penduduk di suatu daerah.

4. Mengembangkan pasar internet Indonesia, dikembangkan suatu interkoneksi nasional antar PJI di Indonesia yang dikelola oleh APJII dan memiliki manfaat antara lain : Relatif lebih murah, Menjadi jalur alternatif bagi PJI untuk koneksi internasional, dan Lebar pita (bandwidth) yang tinggi. Banyak hal yang menjadi faktor dalam penentuan harga pemakaian jasa internet ini. Untuk menjaga variasi harga yang tidak terlalu berbeda jauh antara setiap ISP, pemerintah mengeluarkan suatu regulasi yang mengatur nilai minimum dan maksimum untuk dial-up internet yaitu SK Menparpostel R.I. No.KM.59/PR.301/MPPT-96.

Namanya juga kalau,, berandai-andai.. berangan-angan.. boleh lah ya.. ^^